Peta Sungai Berombang

™Cara Membuat Mini Hotspot (Wifi) pada Symbian™

Ditulis oleh: -
[4Online Zone] Fasilitas hotspot gratis yang memungkinkan pemilik laptop atau ponsel menggunakan koneksi internet di tempat-tempat umum, sekarang banyak bertebaran di kota-kota besar.


Dari kafe, mal bahkan sampai alun-alun pun kadang sudah ada difasilitasi koneksi internet nirkabel ini. Mungkin, saking senangnya ber-hotspot ria, Anda berandai-andai memiliki fasilitas hotspot di rumah. Dengan begitu Anda tak perlu lagi pergi ke kafe, mal, atau tempat-tempat lainnya yang dilengkapi “titik panas”, agar bisa terhubung dengan dunia maya. Cukup tinggal di rumah saja, nyalakan ponsel atau laptop, sambungkan ke hotspot, lalu, duss, Anda pun bisa ngeloyor ke sana-sini di dunia maya.
Masalahnya, mungkinkah punya jaringan hotspot sendiri? Tenang saja, ternyata Anda bisa kok membuat hotspot sendiri. Caranya pun relatif mudah. Cukup modal ponsel saja, Anda bisa membuat hotspot milik sendiri.
Membuat ponsel menjadi hotspot dimungkinkan karena ada pengembang yang menciptakan aplikasi gratisan bernama JoikuSpot Light, yang dibuat perusahaan pengembang aplikasi Joikusoft Oy ltd. JoikuSpot memungkinkan sebuah ponsel berfungsi membagi koneksi internet kepada devices external seperti laptop, ponsel, dan perangkat mobile lainnya.
Untuk membuat ponsel menjadi hotspot, yang pertama yang Anda perlukan adalah sebuah ponsel Symbian 9.1 S60 third edition yang telah dilengkapi dengan fitur 3G dan WiFi. Ponsel yang masuk kategori ini adalah

Nokia N95 8GB, Nokia N95, Nokia N93i, Nokia N93, Nokia N91, Nokia N82, Nokia N80, Nokia E90, Nokia E70, Nokia E65, Nokia E61i, Nokia E61, Nokia E51, Nokia 6710 Navigator, Nokia 5800 XpressMusic, Nokia 5730 XpressMusic, Nokia 5630 XpressMusic, Nokia 5530 XpressMusic,
800 XpressMusic, Nokia 5730 XpressMusic, Nokia 5630 XpressMusic, Nokia 5530 XpressMusic, Samsung i8910 Omnia HD, Samsung i7110, Samsung i550w, Samsung GT-I8510 Innov8, Samsung G810 dll.

Harus menggunakan ponsel jenis Symbian 9.1 S60 third edition yang telah dilengkapi dengan fitur 3G dan WiFi, karena aplikasi JoikuSpot Light hanya bisa dijalankan di ponsel jenis itu. Berikutnya, pastikan ponsel Anda bisa mengakses 3G. Kalau belum, daftarkan SIM Card Anda ke operator agar dapat mengakses fasilitas 3G.
Lalu, unduh software JoikuSpot Light secara gratis dengan cara Download JoikuSpot Light . Kemudian, instal aplikasi itu di ponsel. Lalu aktifkan aplikasi JoikuSpot. Setelah diaktifkan, nantinya Anda akan diminta persetujuan berbagi koneksi internet dan memilih akses poin yang sesuai dengan SIM Card operator yang Anda gunakan. Setelah itu aplikasi akan melakukan proses koneksi. Bila status connected, itu berarti ponsel sudah berhasil dijadikan access point hotspot. Nyalakan laptop atau gadget yang dilengkapi dengan WiFi untuk bisa menikmati hotspot ponsel ini.
Enaknya, karena menggunakan ponsel, hotspot ini bisa dibawa ke mana-mana. Misalnya, jika di kantor koneksi internet sedang ngadat atau di tempat bergaul tiba-tiba Anda perlu koneksi internet, tinggal aktifkan saja ponsel.
Meski begitu, bukan berarti hotspot ponsel ini memiliki kemampuan yang sama dengan hotspot yang asli. Pasalnya, dalam satu sesi JoikuSpot Light hanya bisa menampung maksimal 5 koneksi untuk ponsel dan dua laptop atau PC.
Sementara, hotspot bisa digunakan puluhan bahkan ratusan ponsel atau laptop. Pun beberapa aplikasi seperti Microsoft Outlook, GoogleTalk, dan Skype tidak bisa berjalan optimal. Kalau mau lebih optimal, ada baiknya menggunakan versi premium yang dijual seharga 9 euro atau sekitar Rp 110 ribu.
Selain JoikuSpot Light, ada juga aplikasi WalkingHotspot bikinan Taproot. Versi trial ini hanya menyediakan satu koneksi saja. Namun nantinya versi full version-nya mampu menangani sampai 5 koneksi pada waktu yang bersamaan. Software ini bisa diinstal pada ponsel yang berbasis Windows Mobile atau Symbian S60.
Pada layanan koneksi 3G, ponsel yang digunakan untuk hotspot tetap dapat menerima panggilan masuk. Sementara bila menggunakan layanan 2G seperti EDGE atau EVDO, koneksi data akan terputus saat digunakan untuk menelepon. Di lamannya, pendaftar akan diberi 7 hari gratis mencoba. Perangkat lunak ini tersedia dengan biaya 7 dollar AS (sekitar Rp 70 ribu) per bulan atau 25 dollar AS (250 ribu) setahun jika membayar di muka.
Ada pula aplikasi bernama WMWifi-Router.exe ini dan sebuah perangkat Windows Mobile. Aplikasi ini bisa ditanam di ponsel yang menggunakan sistem operasi Windows Mobile yang memiliki koneksi GPRS/EDGE/3G dan Wi-Fi sekaligus.



Download Joikuspot 3.2 free
<a href="insert link here"
target="_blank">Anchor
text
</a>
Tolong dibaca nih gan !

Kamu sedang membaca artikel tentang ™Cara Membuat Mini Hotspot (Wifi) pada Symbian™ dan kamu bisa menemukan artikel ™Cara Membuat Mini Hotspot (Wifi) pada Symbian™ ini dengan url http://czx-riko.blogspot.com/2012/04/cara-membuat-mini-hotspot-wifi-pada.html, kamu boleh menyebar luaskannya atau mengcopy paste-nya jika artikel ™Cara Membuat Mini Hotspot (Wifi) pada Symbian™ ini sangat bermanfaat bagi banyak orang, namun jangan lupa untuk meletakkan link ™Cara Membuat Mini Hotspot (Wifi) pada Symbian™ sebagai sumbernya.

0 komentar "™Cara Membuat Mini Hotspot (Wifi) pada Symbian™", Baca atau Masukkan Komentar

Posting Komentar

gudang

Movie Category 4

My Great Web page

KOMENTAR